Friday, November 13, 2015

Komputer Desktop Ini Seukuran iPhone 6


PC dengan berukuran mini tampaknya sedang "ngetren" belakangan ini. Setelah Intel merilis Compute Stick, banyak produsen yang berlomba-lomba merilis perangkat semacam ini.
Salah satunya adalah perusahaan bernama Ockel. Perusahaan yang berpusat di Belanda ini sedang mengampanyekan komputer super mini buatannya, Sirius B, di situs urunan dana Indiegogo.
Memang perangkat ini tidak semini Compute Stick yang berukuran seperti USB flash disk. Akan tetapi, Sirius B tetap terhitung sangat mini untuk ukuran PC desktop.
Ockel sendiri mengklaim bahwa perangkat ciptaannya berukuran seperti iPhone 6, smartphone buatan Apple, sehingga mudah dibawa ke mana-mana.
Secara mendetail, ia berukuran 123 x 79 x 11 mm dengan bobot hanya 120 gram saja.
Sebagai pembanding, iPhone 6 memiliki dimensi 138,1 x 67 x 6,9 mm dengan bobot 129 gram.
"Sirius B kecil dan seringan iPhone, tetapi sama kuatnya dengan PC desktop," ujar Ockel.
Meski berukuran kecil, ia memiliki spesifikasi dan fungsi yang sama seperti komputer pada umumnya.
Sirius B buatan Ockel ini dibekali dengan prosesor Intel Atom Bay-trail quad-core, RAM 2 GB, GPU Intel High Definition, media penyimpanan 32 GB, WiFi 802.11 a/b/g/n, dan Bluetooth 4.0.
Selain itu, ada port HDMI, dua port USB, output microphone dan audio, serta dukungan terhadap kartu memori microSD.
Ockel sendiri mendapat perhatian yang sangat besar di Indiegogo. Buktinya, sumbangan yang diberikan telah melebihi target yang diinginkan. Awalnya, ditargetkan pendanaan sebesar 10.000 dollar AS atau sekitar Rp 140 juta.
Menurut pantauan KompasTekno melalui situs tersebut, jumlah sumbangan nyaris menyentuh angka 130.000 dollar AS.
Di Indiegogo sendiri, Sirius B dijual dengan harga 150 dollar AS atau sekitar Rp 2 juta untuk versi tanpa OS. Sementara itu, versi dengan Windows 10 dijual dengan harga 170 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 juta.