Thursday, February 16, 2012

Membangun Maluku yang lebih baik dengan cara menumbuhkan kesadaran yang dimulai dari diri sendiri

print this page Print


Pidato Remaja Dalam Rangka Hari Kependudukan Dan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2011
TEMA : REMAJA MALUKU MENYONGSONG PENDUDUK 7 MILYAR

SUB TEMA : Remaja Indonesia Peduli Kesehatan Reproduksi dan Perilaku Hidup Berwawasan kependudukan

JUDUL : Membangun Maluku yang lebih baik dengan cara menumbuhkan kesadaran yang dimulai dari diri sendiri

OLEH :
YOHANSLI NOYA


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,                        
Salam sejahtera bagi kita sekalian, syalom.
Yang terhormat  Bapak kepala BkkbN Provinsi Maluku beseta beserta staf
Yang terhormat bapak ibu dewan juri, dan hadirin sekalian yang saya muliakan, marilah sekagi lagi pada kesempatan ini kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena pada kita masih diberikan kesempatan, kekuatan, dan kesehatan serta rahmatnya kita bisa berkumpul ditempat yang baik ini.

ketika beberapa waktu yang lalu, saat saya sedang jalan-jalan dengan teman-teman saya, pada saat itu ada suatu peristiwa yang saya alami, saya melihat ada seorang ibu sedang memungut sampah plastik sambil ditemani kelima anaknya yang masih kecil dan tidak terurus, hati saya jadi sedih melihat ibu itu dan kelima anaknya yang memungut sampah plastik  hanya demi sesuap nasi.

Nah, begitulah keadaan yang akan terjadi jika tidak merencanakan kelahiran anak. Tanpa KB, sama saja kita akan menciptakan anak dalam lingkup penderitaan apalagi jika dilihat di kondisi sekarang ini Negara Indonesia berada di urutan keempat penduduk terbanyak di dunia, apalagi Provinsi kita ini, provinsi Maluku dikenal sebagai provinsi yang padat pendudduk dengan urutan no 3 di Indonesia, dan banyak sekali dampak yang ditimbulkan akibat kepadatan penduduk seperti pengangguran, kemiskinan, karena jumlah penduduk yang sudah melebihi dan tidak seimbangnya dengan lapangan kerja yang disediakan, dan untuk itu jika kita lihat program KB adalah jalan keluar untuk masaalah kependudukan yang dialami.

Hadirin yang saya hormati,
Tujuan pokok dari KB, yaitu untuk mencapai kesejahteraan keluarga lahir dan batin, jasmani dan rohani. Untuk mencapai itu, ada tiga cara yang penting, yaitu:
a.       Pengaturan/penjarangan kelahiran/kehamilan
b.      Pengobatan kemandulan suami istri
c.       Mirriage counsellinhg/konsultasi pernikahan
Dalam masalah KB kita jumpai beberapa istilah meskipun arti dan maksud tujuannya sama, tapi masing-masing mengandung unsur-unsur yang khas yang perlu kita perhatikan. Istilah-istilah tersebut antara lain:
a.       Keluarga Berencana/Familly planning,
b.      Pland Parenthood (rencana orang tua), dan
c.       Birth Control (pembatasan kelahiran).
Kata-kata keluarga berencana yang resmi digunakan dinegara kita merupakan terjemahannya dari kata-kata Familly Planning yang lazim dipakai dalam literature internasional yang berbahasa inggris. Pada istilah ini yang diutamakan adalah besar kecilnya anggota keluarga yang lazimnya ditentukan oleh jumlah anak, Sementara itu, istilah planed parenthiid, menekankan tanggung jawab orang tua untuk merencanakan akan kehadiran anak di tengah-tengah keluarga. sehingga setiap anak yang lahir merupakan hal yang dikehendaki. Tanggung jawab itu harus didasarkan atas kesadaran orang tua terhadap konsekwensinya kehidupan dari seluruh anggota keluarga, material atau immaterial.
Hadirin yang saya hormati istilah Birth Control dalam ilmu kedokteran lasimnya diartikan “pemberantasan”, “penghapusan” dan sebagainya. Dalam istilah Birth Control, tidak mengandung unsur keluarga, sehingga dapat memberi gambaran pencegahan kelahiran, diluar dugaan kehidupan keluarga dan diluar perkawinan yang akan mudah menimbulkan interprestasi. Birth Control dapat juga berarti suatu cara atau metode dari usaha KB.
Sementara itu disamping hal-hal diatas  ada juga hal-hal yang terjadi dikalangan pelajar seperti  HIV AIDS dan NARKOBA, di Indonesia khususnya di Maluku pertumbuhan HIV AIDS dan NARKOBA  berkembang begitu pesat, data yang saya peroleh dari badan KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) di Maluku, kasus AIDS terjadi mulai dari anak-anak yang berusia 15 thn – 45 thn dengan presentase sebesar 85% sedangkan di kota Ambon sendiri terjadi 756 kasus AIDS. biasanya penularan HIV-AIDS menular cepat melalui NARKOBA, lewat aliran darah melalui suntikan dan konsumsi, penyalahgunaan Narkotika dan Zat aditif lainnya itu membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnnya.
Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna dan pengedar NARKOBA, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan NARKOBA. Pengguna NARKOBA biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah. Sekolah juga harus  memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalagunahan narkoba melalui guru – guru BK, diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyelahgunaan NARKOBA di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar.
Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas Narkoba dan HIV AIDS di Maluku, ingat kita adalah penentu-penentu nasib Maluku kedepan, kita adalah pemegang tongkat estavet, dan kita adalah pilar - pilar negeri ini, janganlah kita menambah deretan panjang masaalah-masaalah di negeri ini tetapi mari kita melakukan perubahan mulai dari diri kita sendiri, untuk menatap masa depan Maluku yang lebih baik.
Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengharagai jasa para pahlawannya dan mengisi kemerdekaan dengan hal – hal yang baik. bapak ibu dan teman-teman sekalian marilah kita bersama menjalankan  amanah tersebut. Terimakasih Atas perhatiannnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarahkatuh








BIODATA PENYUSUN
NAMA            : YOHANSLI NOYA
TTL                 : HULALIU, 29 JANUARY 1996
ALAMAT       : HALONG BARU
                         Jln. WOLTER MONGINSIDI
EMAIL           : Yohanslinoya@rocketmail.com
NO TLP          : 085796823984
SEKOLAH     : SMA NEGERI 5 AMBON