Friday, May 3, 2013

Tidak ada kata terlambat

Beberapa tahun yang lalu, ketika menghadiri sebuah kursus komunikasi, saya mengalami sebuah pengalaman yang tidak seperti biasanya. Instruktur meminta kami untuk membuat daftar perbuatan-perbuatan yang memalukan, membuat kami merasa bersalah, merasa tidak dihargai dsb.   Semuanya kelihatan merupakan pengalaman yang pribadi, tapi ada beberapa orang yang berani maju untuk membacakan daftar mereka, Setelah 3 minggu, saya mempunyai 101 item dalam daftar. Instruktur kemudian menyarankan agar kamu mencari jalan untuk meminta maaf, atau memperbaiki apa yang telah kami lakukan di masa lalu. Saat itu saya benar-benar heran, bagaimana ini bisa membuat saya berkomunikasi menjadi lebih baik ??   Minggu berikutnya, teman sebelah saya mengacungkan tangan kemudian bercerita:   "Ketika saya membuat daftar, Saya ingat kecelakaan ketika SMA, Saya besar di kota kecil bagian dari Iowa, di sana ada sherif yang di benci hampir seluruh anak-anak, Suatu malam, saya dan 2 sahabat saya memutuskan untuk mempermainkan sherif brown. Setelah minum beberapa botol beer, kami naik ke tangki air yang terletak di tengah kota dan menulis Sherif Brown adalah s.o.b, Paginya seluruh kota melihat tulisan itu. Kurang dari 2 jam kami telah ada di kantor Sherif Brown, Teman saya menolah mengakuinya dan saya berbohong. Akhirnya tidak ada yang menemukan pelakunya.   Kejadian itu hampir 20 tahun yang lalu, dan sekarang dalam daftar saya ada nama Sherif Brown's. Saya bahkan tidak yakin Sherif brown masih hidup. Minggu lalu saya telephone kantor informasi di kota saya. Dengan yakin mereka menjawab bahwa Roger Brown masih hidup. Akhirnya saya putar nomer beliau, setelah menunggu beberapa saat, Saya dengar:"Hallo??", kemudian saya jawab:"Sherif Brown??" hening sejenak "yup". "Saya Jimmy Calkins, dan saya ingin memberi tahu anda bahwa sayalah yang melakukan perbuatan itu". "Saya tahu" teriak Sherif Brown. Akhirnya kami tertawa bersama dan cukup lama pembicaraan melalui telp itu. Ketika saya mau menutup telp, beliau berkata "Jimmy, Saya selalu merasa bersalah karena kalian telah menyimpan hal itu selama bertahun-tahun. Saya ingin mengucapkan terima kasih karena kamu telah menelpon saya"   Jimmy memberi inspirasi bagi saya untuk menghapuskan semua item yang ada dalam daftar saya. ini akan menjadi batu loncatan dan inspirasi bagi career saya sebagai conflict mediator. Tidak perduli betapa susah konflik diatasi, saya selalu ingat bahwa tidak ada kata terlambat untuk melupakan kesalahan masa lalu dan memulai sebuah resolusi.   By Marilyn Manning  from Condensed Chicken Soup for the Soul 

No comments:

Post a Comment